Orang Indonesia Paling Getol Download Game

Jakarta - Pasar mobile di kawasan Asia Tenggara tumbuh begitu pesat. Sebagian besar didominasi oleh perangkat berbasis Android. Kondisi ini rupanya berdampak tingginya pengunduhan games lewat Google Play, terutama di Indonesia.

Hasil penelitian lembaga riset App Annie menunjukkan Android menjadi pemimpin di pasar mobile kawasan Asia Tenggara mengalahkan sistem operasi besutan Apple. Ini membuat jumlah pengunduhan aplikasi di Android empat kali lebih banyak dibanding iOS.


Penelitian yang difokuskan di negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam ini juga memperlihatkan Games menjadi kategori aplikasi yang paling tinggi penggunduhannya. Hal tersebut terjadi di kedua platform. Peningkatan mencapai 45% tiap tahunnya.


Seperti dikutip dari Venture Beat, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh games di Google Play. Sembilan kali lebih banyak dibanding pengunduhan di Apps Store. Bila dibandingkan dengan Korea Selatan, Indonesia hanya terpaut 10% saja. Sementara Vietnam menjadi negara yang paling tinggi pertumbuhannya. Naik 95% dari tahun lalu.


Menurut App Annie, kenaikan yang terjadi di Asia Tenggara tidak terlepas dari banyaknya vendor yang menghadirkan perangkat smartphone dengan harga terjangkau ke pasaran. Alhasil penetrasi penggunaan smartphone di kawasan ini semakin meningkat.


(yud/yud)