OnePlus One Cicipi Manisnya Lollipop Lewat CyanogenMod 12

Jakarta - OnePlus menyalip sejumlah vendor ponsel ternama yang masih mengantre mendapat Android Lollipop. Tapi memang bukan resmi dari Google , melainkan pakai ROM hasil garapan rekanannya Cyanogen yang menyodorkan CyanogenMod 12 (CM 12).

Cyanogen pun menjanjikan tampilan material desain yang jadi andalan Android Lollipop kepada pemakai ponsel OnePlus One. Selain itu penggarap custom ROM ini juga menyertakan fitur bernama App Themer dalam CM 12 yang memungkinkan pengguna untuk mengutak-atik tampilan menunya.


Ditambah lagi Cyanogen juga membekali CM 12 dengan aplikasi email buatan Boxer. Pembesut layanan email ini memang telah sejak beberapa waktu lalu menjalin kerjasama dengan Cyanogen. Sehingga tidak mengagetkan kalau ke depannya pengguna OS Cyanogen bakal menemukan aplikasi email Boxer secara default.


Jalinan kerjasama Cyanogen dengan Boxer sendiri sejatinya sejalan dengan visi Cyanogen yang ingin menghapus layanan-layanan Google dari OS besutannya. Mungkin awalnya baru aplikasi email, tapi ke depannya mungkin bakal banyak aplikasi lainnya yang digunakan Cyanogen untuk menggantikan layanan-layanan Google.


Seperti detikINET kutip dari The Next Web, Selasa (14/4/2015), Update CM 12 untuk OnePlus One sudah hadir per 14 April. Pengguna OnePlus One bisa men-download-nya lewat layanan Over The Air (OTA) yang tersedia.


Namun update CM 12 tak akan hadir bagi pengguna OnePlus One di India. Hal itu dikarenakan terkait masalah hukum dengan Micromax selaku pemilik kerjasama penggunaan OS Cyanogen untuk wilayah India. Untuk pengguna OnePlus One di India vendor ponsel China ini disebut menyodorkan Oxygen OS garapannya sendiri.


(yud/ash)