Prosesor Octa Core di Ponsel? Sudah Biasa, Ini Prosesor 10 Core!

Jakarta - Setelah belum lama ini merilis prosesor Helio X10 untuk ponsel-ponsel kelas atas, MediaTek sepertinya bakal kembali bikin kejutan. Raksasa Chip Taiwan ini disebut telah menyiapkan prosesor ponsel berteknologi 10 core!

Bahkan MediaTek kabarnya telah memamerkan prosesor 10 core buatannya itu di sebuah event khusus yang dihadiri oleh undangan terbatas. Bila benar, produsen chip Qualcomm yang kini mengandalkan prosesor octa (8) core Snapdragon 810 dipastikan bakal tersalip soal inovasi.


Dinamai Helio X20, prosesor gahar ini konon mampu mencetak skor performa sebesar lebih dari 70 ribu poin di pengujian AnTuTu. Raihan skor tersebut cukup jauh meninggalkan Snapdragon 810 dan juga Exynos 7420 yang dipakai Galaxy S6 yang rata-rata skornya sebesar 60 ribuan poin.


Menariknya, dalam event khusus yang digelar MediaTek untuk memamerkan Helio X20 kabarnya juga ikut berpartisipasi Xiaomi dan Vivo. Berdasarkan informasi ini bukan tak mungkin kedua vendor ponsel China itu bakal jadi yang pertama membenamkan prosesor 10 core MediaTek di salah satu produknya. Namun belum ada informasi soal ponsel yang dimaksud.


MediaTek juga mengatakan Helio X20 baru akan diproduksi secara massal pada akhir tahun 2015 ini. Kalau terbukti, berarti ponsel-ponsel yang mengusung prosesor terkencang MediaTek ini baru akan hadir sekitar kuartal IV nanti.


Sebagai tambahan, Helio X10 yang merupakan varian octa core prosesor kelas atas MediaTek telah lebih dulu melenggang. Adapun ponsel yang menggunakannya adalah HTC One M9+ yang belum lama ini dirilis di Taiwan. Helio X10 disebut mampu mencetak skor performa di AnTuTu di atas 50 ribu poin, yang mana skor tersebut sedikit lebih tinggi dari Snapdragon 805 yang skornya sedikit di bawah 50 ribu poin.


(yud/ash)