Samsung Bentuk Tim Khusus untuk Buat Layar iPad

Jakarta - Samsung dikabarkan membuat tim khusus beranggotakan sekitar 200 orang yang tugasnya bekerja eksklusif membuat layar untuk berbagai gadget Apple. Meskipun sering berseteru panas, Apple memang selama ini termasuk pelanggan terbesar komponen buatan Samsung.

Dikutip detikINET dari Bloomberg, Rabu (15/4/2015), sumber terkait menyatakan kalau dibentuknya tim khusus itu sengaja dilakukan untuk memperkuat hubungan bisnis dengan Apple. Mereka akan mengembangkan layar untuk iPad dan laptop MacBook.


Tim yang dibentuk 1 April dan bernaung di bawah unit bisnis Samsung Display Co itu bekerja cukup rahasia sehingga semua informasi hanya boleh beredar di kalangan mereka.


Selain dipercaya memproduksi layar, Samsung juga menjalin kerja sama dengan Apple di bidang semi konduktor. Samsung akan membuat prosesor A9 yang digunakan di generasi iPhone selanjutnya.


Pembuatan prosesor A9 itu akan dipusatkan di pabrik Giheung di Korea Selatan. Sebelumnya, Apple lebih memercayakan pembuatan prosesor ke pabrikan asal Taiwan, TSMC. Namun belakangan, mereka balik lagi ke Samsung.


(fyk/rns)