Vending Machine Segarkan Kejenuhan Menggaet Pelanggan

http://us.images.detik.com/content/2015/04/14/328/vend46.jpgTelkomsel Vending Machine.


Jakarta - Telkomsel memperkuat layanan digital advertising-nya dengan perangkat vending machine yang akan membantu pengiklan untuk melakukan distribusi produk contoh (sample) kepada pelanggan.

VP Digital Advertising Telkomsel Haryati Lawidjaja mengatakan, kegiatan distribusi sample dengan menggunakan metode konvensional kurang efektif karena responden sampling sering kali tidak sesuai dengan target pelanggan yang disasar dan pengiklan tidak mendapat 'insight' mengenai penerima produk contoh mereka.


"Cara ini pun tengah memasuki tingkat jenuh di pasar, dan oleh karena itu dibutuhkan cara baru untuk distribusi produk contoh sekaligus beriklan untuk mengenalkan produk ke pasar,” jelas Haryati dalam keterangannya yang diterima detikINET, Selasa (14/5/2015).


Lebih lanjut ia memaparkan bahwa Telkomsel Vending Machine dapat menjawab kebutuhan sampling klien yang lebih akurat. Perangkat ini diintegrasikan dengan targeted message (SMS/MMS) ataupun location based message (SMS/MMS) kepada konsumen. Adapun konsumen yang telah memperoleh pesan dari Telkomsel Digital Advertising berkesempatan untuk memperoleh produk yang ada di dalam vending machine.


Cara kerja Telkomsel Vending Machine terbilang cukup sederhana, dimana QR Code akan dikirimkan melalui SMS/MMS kepada pelanggan Telkomsel yang profilnya sesuai dengan target. Setelah itu, pelanggan dapat melakukan redeem (menukarkan) QR Code tersebut dengan produk yang berada di dalam vending machine pintar ini, cukup hanya dengan melakukan scan QR code.


Distribusi produk contoh dengan metode ini diklaim terbukti lebih efektif bagi para pengiklan, karena selain dapat melibatkan interaksi dengan pelanggan, Telkomsel Vending Machine juga akan memberikan laporan yang real time dan komperhensif kepada para pengiklan mengenai konsumen yang telah menerima produk contoh.


Beberapa informasi yang dapat diketahui oleh para pengiklan antara lain jumlah produk yang ter-redeem, preferensi waktu pelanggan melakukan redeem, preferensi produk yang paling diminati (untuk produk multi varian), dan bentuk profil pelanggan yang melakukan redeem seperti profil demografi dan profil kepemilikan perangkat genggam. Informasi ini tentunya amat berharga bagi pengiklan sebagai insight untuk keseluruhan rencana pemasaran produknya.


Penempatan beriklan di Telkomsel Vending Machine meliputi display produk, TVC, dan skin vending machine yang bisa disesuaikan branding-nya. Telkomsel memberikan value added lainnya dimana para pengiklan dapat mengkustomisasi identitas vending machine (contohnya skin dan SMS) secara penuh atas nama brand mereka.


Saat ini Telkomsel Vending Machine telah bekerjasama dengan beberapa brand ternama seperti Citra, Pantene dan Microsoft. Sedangkan produk-produk yang menjadi objek sampling antara lain Citra Hazeline, Pantene Aqua Pure, dan Microsoft Office 365.


(ash/ash)