Indocomtech Minim Komponen PC

Jakarta - Ada yang terasa beda pada event Indocomtech tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Yakni soal dominasi perangkat mobile -- smartphone dan tablet -- yang begitu kental.

Bisa jadi era PC memang mulai meredup. Jangankan komponen PC, perangkat notebook yang dulunya dominan seakan tenggelam pada event Indocomtech 2013 ini. Terhitung hanya ada beberapa brand besar yang masih eksis menawarkan produk komputer jinjing.


Namun yang lebih ironis adalah komponen PC. Sangat sulit menemukan jajaran mainboard dan kartu grafis yang dipajang di booth. Lantas, apakah komponen PC telah sangat sulit bersaing dengan perangkat mobile dan tablet yang kini mendominasi?


Meski hal tersebut bisa jadi memang benar, namun pembesut komponen PC masih terlihat optimistis menghadapi persaingan. Hal itu dibuktikan oleh Asus, Gigabyte, MSI, dan Intel yang tetap pede menggelar kompetisi overclocking di tengah hingar-bingar Indocomtech yang didominasi berbagai perangkat mobile.


Antusiasme peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi itu pun cukup tinggi. Terlihat ada puluhan peserta yang mengikuti adu skil mencapai kecepatan tertinggi prosesor itu. Belum lagi jumlah penonton yang mengerubunginya yang jumlahnya juga mencapai puluhan.


Hal itu seakan menegaskan bahwa sebenarnya pasar PC -- terutama komponen -- belum meredup, masih ada penggilanya yang tertarik untuk mengoprek perangkatnya. Meski tak dapat dipungkiri, dalam genggamannya pasti terdapat sebuah smartphone terkini yang menemaninya ke manapun.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!