Halloween, 'Vampir' dan 'Zombie' Gentayangan di Dunia Maya

Jakarta - Halloween sudah di depan mata. Sudah siap dengan ancaman-ancaman yang menakutkan? Terkait dengan perayaan Halloween di akhir tahun ini, Trend Micro membuat infografik berjudul 'Ancaman Keamanan Cyber Paling Menakutkan' (The Scariest Cyber Security Threats) yang mengasosiasikan karakter atau tokoh Halloween dengan jenis ancaman pada dunia cyber.

"Sekelompok peneliti kami telah membuat infografik yang membandingkan karakter tradisional Halloween yang menakutkan dengan ancaman cyber yang sesuai dengan karakter karakter halloween tersebut,” ungkap Richard Medugno, Marketing Communication Project Manager Trend Micro.


Misalnya, lanjut Medugno, Vampir yang diasosiasikan dengan Trojan pada online banking yang menyedot dana di akun nasabah. Zombie pada film-film Halloween di Hollywood merupakan model yang dapat diasosiasikan dengan peretas yang menciptakan 'zombie-zombie' mereka – makhluk yang tak memiliki pikiran dan dikendalikan oleh botmasters yang membuat mereka melakukan penawaran jahat mereka”.


'Hantu' merepresentasikan serangan yang direncanakan di mana serangan ini didesain untuk tidak terlihat atau terdengar. “Penelitian kami mengindikasikan bahwa untuk jenis serangan ini, waktu rata-rata dari penerobosan awal hingga ke pendeteksian telah meningkat secara dramatis pada beberapa tahun belakangan ini,” ungkap Medugno.


Berikut fakta-fakta yang lebih menakutkan lainnya tentang ancaman online (lihat infografik):


-. 'Vampir' dapat diasosiasikan dengan trojan pada online banking. Makhluk ini menyedot dana dari akun nasabah bank. Trojan pada online banking meningkat sebesar 30% dari triwulan 1 (Q1) 2013 ke triwulan 2 (Q2) 2013.


-. Zombie diasosiasikan dengan peretas. Makhluk tak berpikiran ini dikendalikan oleh botmasters. Mereka (peretas) mencuri informasi, menggunakan sumber daya perangkat dan melakukan perbuatan merugikan lainnya. Tiga puluh juta koneksi antara bots dan layanan C&C terjadi pada semester pertama 2013.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!