Kominfo: 80 Juta Orang Indonesia Sudah Cicipi Internet

Samarinda - Program Indonesia Connected untuk menunjang program desa tersambung internet 2015 diklaim mulai membuahkan hasil. Kementerian Kominfo menyebut 80 juta warga Indonesia sudah menggunakan internet.

"Kita terus genjot seluruh desa tersambung internet 2015, sekarang ini sudah ada 80 juta warga Indonesia menggunakan internet, baik aktif maupun tidak. Itu terdata," kata Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Syukri Batubara, kepada wartawan dalam keterangan resminya di Hotel Bumi Senyiur Jl Pangeran Diponegoro, Samarinda, Kaltim, Kamis (31/10/2013).


Syukri menerangkan, program Indonesia Connected berdasarkan hasil pertemuan ICT (Information and Communication Technology) di ajang World Summit Information Society (WSIS) di Wina, Austria, beberapa tahun lalu. Menurut peserta dari berbagai dunia saat itu menyebut Indonesia sudah maju dalam perkembangan IT.


"Kalau mereka melihat Jakarta, mungkin sudah maju. Tapi Indonesia bukan hanya Jakarta," ujar Syukri.


Sejauh ini, dari survei yang dilakukan Kominfo misalnya -- harus diakui untuk menghubungkan SD hingga SMA di berbagai daerah -- memiliki beragam kendala mulai dari ketersediaan energi listrik hingga budaya masyarakat setempat.


"Kalau untuk di bagian barat seperti di Jawa, Bali dan Sumatera, no problem. Tapi untuk Indonesia Timur, masih terkendala (listrik, infrastruktur hingga budaya setempat)," ujar Syukri.


"Sebelum 2015 juga kita terus genjot target kementerian di pemerintahan juga sudah terhubung (internet) berdasarkan WSIS di Wina itu," tambahnya.Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!