Smartphone Low-end pun Mulus Jalankan KitKat

Jakarta - Bersamaan dengan pengumuman resmi Nexus 5, sistem operasi Android 4.4 KitKat juga dipastikan kehadirannya. Menariknya, Google menjanjikan Android versi terbaru ini bakal berjalan mulus meski dijalankan pada ponsel berspesifikasi rendah.

"Penting agar satu versi Android dapat berjalan mulus di segala platform smartphone mulai dari yang low-end hingga high-end. KitKat merupakan langkah besar pertama ke arah itu," ujar Sundar Pichai, head of Google's Chrome and Android businesses, seperti detikINET kutip dari Cnet, Jumat (1/11/2013).


Meksi begitu, tidak seluruh ponsel Android low-end dapat menikmatinya, karena Google mensyaratkan kapasitas RAM minimal 512 MB agar dapat menjalankannya dengan mulus.


Namun mengingat hampir seluruh ponsel Android kelas low-end saat ini telah dibekali RAM sebesar 512 MB, spesifikasi minimum yang disyaratkan Google sepertinya memang masuk akal.


Google sendiri banyak menghadirkan improvisasi pada KitKat, selain dukungan untuk ponsel berspesifikasi rendah, Android versi 4.4 kini lebih baik dalam hal pengenalan voice command.


Sebagai contoh, saat pengguna bertanya pada Google voice dengan pertanyaan “Call Fino”, maka KiKat akan bertanya lebih spesifik, “Which Fino” kepada penggunanya untuk pencarian yang lebih akurat.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!