Notebook Xenom Tawarkan Cooling System Cerdas

Jakarta - Salah satu kebutuhan yang diperlukan untuk sebuah notebook gaming adalah sistem pendingin mumpuni. Ini diperlukan karena komputer jinjing khusus itu kerap menjalankan aplikasi game berjam-jam bahkan hingga seharian.

Hal ini yang coba ditawarkan oleh Xenom, vendor notebook gaming lokal yang mengklaim mempunyai cooling system pada laptop dengan kemampuan sejajar dengan vendor global lainnya. Xenom mengklaim bahwa seluruh tipe notebook--Pegasus, Siren, Shiva, Phoenix, dan Hercules-- sudah mendukung aktivitas gaming hingga 24 jam penuh. Teruji tanpa hambatan.


"Rahasia notebook kami ini karena mempunyai arsitektur pendingin cerdas dan efisien membuat kinerja notebook lebih maksimal. Arsitektur ini mempunyai heat pipe dari prosesor dan GPU yang terpisah. Ini yang membuat dua komponen tersebut terjaga temperaturnya tetap rendah dan tidak saling menganggu," kata Rolly Edward, General Manager Xenom Indonesia, melalui keterangan yang diterima detikINET, Minggu (3/11/2013).


Berbeda dengan notebook biasa, heat pipe dibuat hanya satu jalur ke heat sink, sehingga panas dari prosesor akan melalui GPU baru kemudian heat sink.


Akibatnya, ketika notebook menjalankan game dalam waktu yang lama, panas GPU dapat mempengaruhi CPU atau sebaliknya. Saat suhu meningkat tinggi, umumnya notebook akan menurunkan performa CPU atau GPU agar sistem tetap normal. Namun, hal ini mengakibatkan kenyamanan gaming terganggu karena game membutuhkan performa optimal dari sistem.


"Inilah bedanya notebook gaming dan notebook biasa. Notebook Xenom selalu menjaga performa karena jalur pendinginnya dibuat terpisah, satu untuk prosesor, satu untuk graphic card. Kalau begini, kinerja notebook bias setara dengan desktop PC," jelas Rolly.


"Dengan arsitektur sistem pendingin ini, notebook Xenom menjaga agar temperatur tidak mencapai batas maksimum, sehingga kinerja notebook dan prosesor bisa terjaga dan tahan lama. Makanya, notebook ini secara genetik memang dilahirkan sebagai notebook gaming," tutup Rolly.


Tiap-tiap notebook Xenom berbekal prosesor Intel Core generasi keempat, dan kartu grafis generasi ketujuh yang paling anyar dari Nvidia. Dan, Xenom lagi-lagi mengukuhkan diri sebagai vendor notebook gaming pertama di Indonesia yang menyuguhkan pilihan layar mulai 13 inci sampai 17 inci.


(tyo/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!