iPad Kewalahan Lawan Tablet Android

Jakarta - Tablet PC kian diminati pasar. Indikasinya, biro riset IDC mencatat pengapalan tablet ke seluruh dunia di kuartal III 2013 mencapai 47,6 juta unit, tumbuh 7% dari kuartal sebelumnya dan melonjak 36,7% dibanding tahun sebelumnya.

"Produk Android memicu pertumbuhan pengapalan saat pertumbuhan iOS melambat dan tabet Windows masih berjuang mendapatkan konsumen," sebut IDC yang detikINET kutip dari PCMag, Jumat (1/11/2013).


Apple iPad memang masih paling laris, namun unit yang terjual menurun terkait tekanan kuat dari tablet Android. Apple mengapalkan 14,1 juta unit iPad di kuartal III 2013, turun dari jumlah 14,6 juta unit di kuartal sebelumnya.


"Pertumbuhan Apple iPad yang melambat membuat pangsa pasarnya turun jadi 29,6% yang merupakan market share terendahnya sejauh ini," jelas IDC.


Sementara Samsung dengan deretan tablet Androidnya sukses mengekor iPad di posisi kedua dengan pangsa pasar 20,4%. Diikuti berturut-turut oleh Amazon, Asus, Lenovo dan Acer. Semua vendor tersebut memakai Android.


"Pertumbuhan tablet Android memang mengagumkan, namun hanya melihat jumlah dikapalkan tidak akan menggaransi sukses jangka panjang. Anda memerlukan ekosistem aplikasi sehat dan user yang senang memakainya," sebut Tom Mainelli, direktur IDC.


Apple baru saja memperkenalkan dua generasi baru iPad, yakni iPad Air dan iPad Mini Retina Display. Keduanya mungkin akan memperbaiki performa Apple di pasar tablet yang kian panas.


(fyk/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!