Ketika Masa Depan Ericsson Ada di Tangan Pengguna Ponsel

Tokyo - Masyarakat Indonesia mungkin masih mengenal Ericsson sebagai merek ponsel. Nyatanya, perusahaan asal Swedia itu sudah tak memproduksi satu pun telepon genggam. Namun masa depan Ericsson masih di tangan para pengguna ponsel.

Beberapa tahun silam, Ericsson berkolaborasi dengan Sony memproduksi ponsel Sony-Ericsson. Namun tahun 2012, Ericsson memutuskan tidak lagi melayani konsumen secara langsung dan fokus pada business to business.


Meski demikian, bisnis perusahaan yang kini dipimpin Hans Vestberg itu tak jauh-jauh dari ponsel. Ericsson adalah penyedia infrastruktur jaringan, solusi IT dan OSS/BSS yang banyak berpartner dengan operator telekomunikasi. Termasuk operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat dan XL. Dengan market share diklaim terbesar di seluruh dunia, Ericsson adalah pemain yang sangat berpengaruh pada pengembangan ICT.


Fokus Pada Konsumen


Dengan tingginya pertumbungan jumlah pengguna ponsel di seluruh dunia, masa depan Ericsson pun berada di tangan para pemilik telepon genggam. Nonton YouTube di tempat tidur, posting foto sebelum makan, dan update status saat galau. Rangkaian kebiasaan tersebut menjadi pertimbangan Ericsson saat mengembangkan bisnis.


"Bagaimana kami di masa depan tergantung pada konsumen. Seperti apa keseharian mereka. Apa yang diharapkan ada di masa depan. Dan apakah mereka mau membayar untuk layanan yang diimpikan," jelas Ulf Ewaldsson, Chief Technology Officer Ericsson, di hadapan 95 wartawan dari seluruh penjuru dunia, termasuk detikINET, pada event Ericsson Business & Innovation Forum 2013, Jumat (1/11/2013) di Tokyo, Jepang.


Peranan produsen konten dan perangkat juga penting dalam ekosistem ICT. Karena itu Ulf berharap semua pihak mau berkolaborasi untuk memberikan layanan optimal pada konsumen. "Yang paling penting adalah performa jaringan yang unggul," tegasnya. Next


(ine/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!