Tampil Beda, TV Ultra HD Samsung Dibanderol Rp 65 Juta

Jakarta - Bukan cuma mengedepankan kualitas gambar yang tinggi, dua televisi Ultra HD Samsung diklaim ingin tampil berbeda dari produk lainnya. Seperti apa perbedaannya?

Samsung UHD TV F9000 sudah mendukung resolusi hingga delapan juta piksel atau 4x lebih tajam dari HD TV. Setelah memperkenalkan versi tertinggi yang berukuran 85 inch, kini Samsung Electronics Indonesia merilis ukuran yang lebih kecil yakni, 55 dan 65 inch. Keduanya telah mendapat sertifikat UHD dari Underwriters Laboratories (UL) di Amerika Serikat dan Intertek di Inggris.


Dari sisi desain, jajaran seri F9000 berukuran 55 dan 65 inch memang mirip dengan seri terdahulu. Masih mempertahankan konsep ramping dengan bezel yang sangat tipis. Bentuk seperti ini sudah pasti menggoda siapapun yang melihatnya.


Namun perbedaan yang paling mendasar dibanding produk lainnya adalah, disertakan perangkat bernama One Connect Box. Alat ini bentuknya seperti set-top box, hanya saja memiliki berbagai jenis colokan yang biasanya terdapat ada bagian belakang televisi.


"Dengan adanya One Connect ini tidak akan ada lagi kabel yang berseliweran. Bagian belakang televisi juga terlihat lebih rapi karena semua port sudah terdapat pada One Connect Box," kata Amon Sabara, Product Marketing TV PT Samsung Electronics Indonesia.


Jika dilihat lebih dekat, dalam One Connect Box memang terdapat berbagai port yang biasanya berada di TV, sebut saja HDMI, USB, colokan antena, lubang audio, LAN, dan berbagai port lainnya. Perangkat ini sudah termasuk dalam paket penjualan UHD TV F9000.


Selain sebagai alat 'memindahkan colokan' One Connect Box juga berfungsi sebagai decoder file yang ingin ditampilkan pada layar kaca. Hal ini diklaim sangat bermanfaat, karena memudahkan pengguna untuk melakukan upgrade tanpa perlu membeli televisi baru.


Selain One Connect Box di dalam kedua televisi itu juga ditanamkan berbagai fitur seperti kemampuan upscaling video ke resolusi UltraHD, Ultra Clear Panel dan Micro Dimming Ultimate yang membuat warna hitam lebih pekat, Smart Hub, kemampuan 3D, dan speaker berkekuatan 70 watt.


Samsung F9000 55 dan 65 inch sudah mulai dipasarkan hari ini, Rabu (30/10/2013), masing-masing dibanderol Rp 65 juta (versi 55 inch) dan Rp 90 juta (versi 65 inch).


(eno/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!