Mesin Fotokopi Fuji Xerox Bisa 'Jegrek' dan Lipat Kertas

Tokyo - Teknologi mesin fotokopi kian canggih saja. Tak sekadar menyalin, kini mesin fotokopi bisa menjegrek atau stapler, dan melipat kertas hasil kopian sehingga hasilnya tak ubah seperti buku.

Mesin ini dibuat Fuji Xerox. Mesin yang dinamakan ApeosPort-V C-7775 DocuCentre-V C-7775 tersebut diluncurkan dalam acara Fuji Xerox Solution & Service Fair 2013 di Grand Prince Takanawa, Tokyo, Jepang, Kamis (31/10/2013), yang turut dihadiri detikINET.


Manager Product Marketing Demonstration Fuji Xerox, Hidetoshi Ono menyatakan, mesin fotokopi ini akan dipasarkan di Asia Pasifik mulai bulan November, sementara di Indonesia diperkirakan masuk pada Desember.


"Harganya sekitar dua juta yen di Jepang. Nanti di masing-masing negara akan ada harga sendiri," kata Ono kepada wartawan.


Teknologi 'jegrek' yang menjadi salah satu instrumen andalan mesin tidak hanya untuk di pinggiran kertas. Bisa juga di tengah kertas, sehingga membentuk buku. Maksimal 65 lembar kertas bisa distaples mesin fotokopi ini.


Selain distapler, mesin ini juga bisa melipat kertas. Jika ada kertas ukuran A3 yang dikopi dan hasilnya ingin dilipat dua menjadi ukuran A4 atau lebih kecil, maka sistem komputer dalam mesin akan mampu melakukan itu, sehingga keluarnya kertas sudah dilipat dan distapler. Alat untuk menyetel kebutuhan hasil fotokopi itu ada pada panel layar sentuh yang ada di mesin.


Tidak hanya itu, mesin fotokopi ini juga dilengkapi dengan sensor dan kamera pengidentifikasi wajah. Jadi, jika sensor mendeteksi gerakan kaki yang mendekat ke mesin, otomatis mesin yang sedang mode 'sleep' segera pindah ke mode on dan siap untuk dipakai. Tarikan listrik yang relatif rendah, membuat mesin ini hemat energi.


Sementara sensor wajah pada panel sentuh berfungsi untuk identifikasi pengguna. Jadi jika orang yang profil wajahnya sudah terekam dalam memori mesin ini, maka mesin itu akan otomatis menyesuaikan dengan setelan awal pengguna bersangkutan. Mulai dari folder khusus dan file yang pernah dikopi maupun diprint.


Lebih dari itu, mesin ini punya kecanggihan standar untuk mencetak dokumen. Baik dari komputer kantor, maupun dari email karena mesin ini bisa terkoneksi internet.


(rul/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!