Kisah Perjuangan Produsen Mie Adopsi Sistem ERP SAP

Jakarta - Kompetisi yang semakin ketat akhirnya memaksa PT ABC President Indonesia untuk melakukan modernisasi terhadap sistem TI-nya. Hanya saja proses migrasi ini tak mudah, ada perjuangan yang mengiringinya.

PT ABC Presdent Indonesia merupakan salah satu produsen makanan dan minuman dalam kemasan terbesar di Indonesia dengan merek produk antara lain Nu Grean Tea, mie instan ABC Selera Pedas, Gurimi dan Eat & Go.


Sebagai upaya peningkatan kualitas operasionalnya mereka coba mengimplementasikan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) menggunakan SAP ECC 6.0.


Untuk menghadapi kompetisi yang semakin tinggi, manajemen PT ABC memandang kemampuan pengolahan data dan otomatisasi proses bisnis sebagai faktor yang sangat penting.


Oleh karena itu -- SAP -- sebagai salah satu software ERP terkemuka di dunia yang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar yang termasuk dalam Fortune 1000, dipilih untuk menggantikan aplikasi in-house yang sudah lama digunakan.


Melalui penggunaan SAP, kemampuan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat, serta efisiensi kerja di semua bagian organisasi perusahaan diharapkan akan lebih meningkat.


Selain itu, dengan sistem SAP, PT ABC diklaim akan memiliki informasi yang terpusat dan real time, proses bisnis yang lebih terintegrasi dan otomatis, dan kemampuan analisa kinerja yang lebih akurat.


Proses implementasi harus diakui tidaklah mudah, karena harus diimbangi dengan change management (manajemen perubahan) termasuk di area organisasi, sistem, dan proses. Next


(ash/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!