Fuji Xerox Rilis Printer Terkecil untuk Cetak Tabloid

Tokyo - Fuji Xerox mengeluarkan printer inkjet baru untuk mencetak material seukuran tabloid. Mesin ini panjangnya 8,2 meter, lebar 2,4 m dan tinggi 1,7 m. Di kelasnya, printer ini diklaim terkecil di dunia.

General Manager of Marketing Production Services Sales & Marketing Fuji Xerox, Harunari Sugita menyatakan, mesin ini tetap punya kecanggihan seperti mesin generasi sebelumnya. Tapi kini ada keunggulan baru yang melekat pada mesin yang dinamakan 1400 Inkjet Color Continuous Feed Printing System tersebut.


“Ukuran mesin ini lebih kecil, dan lebih ringan. Jadi bisa ditempatkan di lantai atas bangunan, tidak harus di basemen,” kata Sugita di hadapan sejumlah wartawan di pusat riset Fuji Xerox di Yokohama, Jepang, Jumat (1/11/2013).


Sugita menyatakan, mesin ini tergolong ringan dibanding mesin sejenis, karena beratnya sekitar 500 kg per meter persegi. Relatif ringan sebab sebagian material di dalam mesin menggunakan bahan alumunium. Sehingga printer ini dapat dipasang di lantai atas gedung kantor tanpa harus khawatir lantai akan ambrol.


Sementara dari sisi teknologi, mesin ini mampu bekerja dengan cepat. Dapat mencetak material berwarna sepanjang 100 meter per menit. Resolusi gambar tinggi yakni 600 x 600 dots per inchi, dan sistem operasinya juga mudah melalui panel yang ada.


Kendati mampu mencetak material untuk ukuran sebesar tabloid, tapi idealnya printer ini difungsikan untuk mencetak majalah, maupun berkala rutin semacam laporan transaksi kartu kredit para nasabah, hingga katalog dan brosur.


Mesin ini baru diluncurkan pertengahan September lalu. Sekarang ini sudah masuk ke pasar domestik di Jepang maupun Asia Pasifik, termasuk Indonesia.


(rul/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!