Melonjak 60%, Facebook Raup USD 2 Miliar

Jakarta - Facebook berhasil mempertahankan kinerja positifnya. Raksasa jejaring sosial itu membukukan pendapatan USD 2,02 miliar di kuartal ketiga 2013, naik 60% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Seperti detikINET kutip dari laporan Forbes, Jumat (1/11/2013), Facebook juga membukukan laba USD 425 juta. Sementara pendapatan dari iklan naik hingga 66% menjadi USD 1,8 miliar.


Dari sisi average revenue per user (ARPU), tiap pengguna Facebook memberikan kontribusi pendapatan sebesar USD 1,72 di kuartal ketiga 2013 ini dengan pengguna aktif bulanan 874 juta. Sedangkan pengguna aktif harian 507 juta orang.


Harga saham Facebook pun melonjak 15% beberapa jam setelah pengumuman kinerja keuangan ini. Harga saham perusahaan hampir naik dua kali lipat dari nilai semula sejak Juli lalu saat pengumuman kenaikan pendapatan iklan dari perangkat mobile.


Facebook juga mendorong penjualan lewat mobile, dan saat ini 874 juta dari 1 miliar pengguna yang mengakses Facebook berasal dari ponsel. Dengan peningkatan ini, perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini bisa menjual mobile advertising lebih banyak.


Jejaring sosial ini juga berhasil menumbuhkan pangsa pasar iklan mobile di AS dari hanya 9% pada 2012 menjadi 14,9% di tahun ini. Meski demikian, pendapatannya masih kalah dari Google yang masih jadi pemimpin dalam pangsa pasar tersebut.


Di sisi lain, pertumbuhan pengguna Facebook di AS dan Kanada menurun drastis. Hal itu akan berpengaruh signifikan karena situs memperoleh pendapatan USD 4,19 dari setiap pengguna di AS dan Kanada. Sementara hanya USD 0,74 dari pengguna di Asia.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!