Android Melesat, BlackBerry Melempem

Jakarta - Sistem operasi Android makin jauh meninggalkan lawan-lawannya.. Penelitian dari biro riset Strategy Analytics menyebutkan bahwa dari 251 juta smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia pada kuartal III 2013, 81% di antaranya memakai Android.

Berada di posisi kedua adalah iOS yang dipakai Apple iPhone, yang mencakup 13,4% dari seluruh smartphone yang dikapalkan. Diikuti Windows Phone dengan 4,1%.


Adapun BlackBerry mulai tenggelam. Menurut Strategy Analytics, hanya 1% saja smartphone yang dikapalkan pada kuartal lalu memakai OS BlackBerry. Periode yang sama tahun sebelumnya, market share mereka masih 4%.


"Dominasi Android mencapai titik tertinggi di kuartal III 2013, dengan empat dari lima ponsel memakai Android. Adapun BlackBerry menurun menjadi hanya 1% karena lemahnya performa perangkat BlackBerry 10," tukas Scott Bicheno, analis di Strategy Analytics.


"Apple juga kehilangan pasar melawan Android karena tidak terdengar gaungnya di pasar smartphone murah," tambah Scott yang detikINET kutip dari Globe & Mail, Sabtu (2/11/2013).


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!