Langkah ini diharap bisa mempercepat pencarian pesawat yang diperkirakan hilang di sekitar perairan Bangka-Belitung, dan untuk memudahkan keluarga maupun media memantau perkembangan terakhir hilangnya pesawat.
Menurut Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Telkom telah melakukan upgrade layanan VPN 1 Mbps di tiga kota, yakni Pontianak, Tanjung Pinang dan Pangkal Pinang.
"Sementara untuk di Kantor Basarnas di Jakarta, Telkom Group menyediakan layanan Astinet 60 Mbps," ujarnya dalam keterangan yang diterima detikINET di Jakarta, Senin (29/12/2014).
Untuk layanan telekomunikasi di Posko AirAsia di Bandara Juanda Surabaya, Telkom Group menyediakan toll free incoming 3 line hunting dengan numbering call 08001234911, free telepon outgoing Telkom Group untuk koordinasi, free Wifi.Id 1.000 Mbps, layanan Satellite News Gathering untuk TV Uplink dan pemasangan Combat Telkomsel.
Fasilitas telekomunikasi tersebut selain dapat dimanfaatkan untuk pencarian pesawat juga dapat digunakan oleh para awak media di media center.
Pihak keluarga juga dapat memanfaatkan fasilitas telekomunikasi yang disediakan. Tidak hanya di Jakarta, Telkom Group dan Basarnas juga berkoordinasi menyelenggarakan Posko Taktis di Pangkal Pinang, Propinsi Bangka Belitung.
Menurut Awaluddin, Telkom Group telah memberangkatkan mobil SNG (Satellite News Gathering) ke Pangkal Pinang yang saat ini masih dalam proses pengiriman dari Jakarta.
"Semoga dengan fasilitas telekomunikasi yang lengkap, koordinasi pencarian pesawat menjadi lebih baik dan pesawat secepatnya dapat ditemukan,” harapnya.
Ia juga menegaskan, jajaran Telkom Group di seluruh Indonesia siap membantu pencarian pesawat yang hilang tersebut dan berharap pesawat AirAsia QZ 8501 dapat segera ditemukan. (rou/ash)