Pantau Pencarian Air Asia QZ8501 di Peta Ini

Jakarta - Pencarian pesawat Air Asia QZ8501 yang dinyatakan hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) masih terus dilakukan. Beragam inisiatif datang dari berbagai kalangan, salah satunya dari Esri Indonesia.

Principal ArcGIS -- software Sistem Informasi Geografis -- di Indonesia ini membuat Portal Informasi Pray for Air Asia QZ8501 yang bisa diakses di alamat airasia.maps.arcgis.com. Pada halaman ini, disajikan informasi terkini terkait hilangnya pesawat QZ8501.


"Ini dibuat segera tak lama setelah kejadian. Tujuannya adalah membantu masyarakat memperoleh informasi terkini terkait dengan kejadian Air Asia," sebut Mochammad Ghufron, salah satu staf Business Development Esri Indonesia, dihubungi detikINET, Selasa (30/12/2014).


Dikatakannya, data yang disuguhkan di halaman tersebut diperoleh dari Kementerian Perhubungan Indonesia, Basarnas, Twitter, Flickr dan YouTube dan selalu diupdate ketika ada kabar terbaru.


Di halaman Home, disediakan lima menu utama, yakni Web GIS for Air Asia QZ-8501, Map Journal #PrayForAirAsia QZ-8501, Map Journal Air Asia QZ 8501, Passenger Manifest - Data Penumpang, Load and Trim Sheet - Data Muatan.


Untuk mencari update terkini, pengguna dipersilakan memilih menu pertama yakni Web GIS for Air Asia QZ-8501. Masuk ke menu ini, akan muncul tampilan peta rute Air Asia QZ-8501 dari bandara Juanda Surabaya menuju bandara Changi Singapura.


Pada sebelah kiri terdapat opsi Media Layers yakni Flickr, Twitter dan YouTube. Jika salah satunya dicentang, misalnya ketika mencentang Twitter maka akan muncul pop up tweet terbaru mengenai Air Asia QZ-8501 yang ditweet pengguna Twitter pada peta tersebut. Hal sama juga berlaku ketika mencentang YouTube dan Flickr. Next


(rns/ash)