ViewSonic V55, Ponsel Pertama dengan Pemindai Retina

Jakarta - Ponsel dengan pemindai sidik jari mungkin sudah biasa. Namun apa jadinya jika ponsel yang Anda genggam punya sensor pemindai retina? Teknologi ini telah dibenamkan ViewSonic dalam smartphone terbarunya.

Ponsel yang diberi nama V55 itu sebenarnya sudah direncanakan bakal rilis di tahun 2014 lalu. Namun, karena beberapa alasan akhirnya ViewSonic memantapkan V55 untuk rilis di tahun 2015. V55 digadang-gadang bakal jadi ponsel pintar pertama yang mengusung teknologi pemindai retina.


Tidak seperti sensor sidik jari pada umumnya yang terekspos, sensor pemindai itu letaknya tersembunyi di pojok kanan atas pada bagian depan perangkat. Sensor ini terlindungi oleh semacam komponen slide untuk buka-tutup agar nantinya tidak mudah tergores. Ketika pengguna menggeser slide, maka secara otomatis lampu indikator akan menyala.


Walau bentuknya tidak sama, namun cara kerja pemindai retina ini hampir sama. Ia dapat merekam dan mengenali retina dari pengguna. Tak hanya dapat membuka dan mengunci ponsel saja, tapi juga dapat mengamankan segala informasi yang bersifat pribadi yang ada di dalam ponsel si pengguna dan beberapa fungsi lainnya. Karena pada dasarnya, hanya sang pengguna lah yang bisa mengakses informasi dan file tersebut.


V55 memang punya fitur yang begitu canggih, bahkan bisa menjadi fitur ponsel pintar pertama di dunia. Lantas bagaimana dengan jeroannya? Seperti detikINET kutip dari GizmoChina, Jumat(2/1/2015), V55 dipersenjatai prosesor quad core 64-bit Snapdragon 410 1,4 Ghz, RAM 2 GB, pilihan memori internal 16/32 GB, serta kartu grafis Adreno 306.


Di bagian desain, ponsel tersebut mengusung layar OGS 5,5 inch 1080p. Pada bagian belakang, Anda akan menemukan kamera dengan resolusi 13 MP buatan Sony yang bisa dipakaikan lensa eksternal. Perangkat ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE guna mendukung pengalaman browsing yang lebih cepat.


ViewSonic V55 dikabarkan akan rilis sekitar bulan Januari 2015 ini. Namun, hingga kini belum ada kepastian berapa harga yang akan dibanderol untuk setiap unitnya, termasuk rencana memasarkan ponsel ini ke pasar global.


(rou/rou)