'Kalau Tarif Data Murah Terus, Bersiaplah Kualitas Tak Bagus'

Jakarta - Wacana kenaikan data yang ditiupkan operator seluler disambut dengan tangan terbuka oleh Menkominfo Rudiantara. Ibarat pepatah, ada harga ada rupa.

"Silakan, ada mekanisme pasar persaingan tarif," kata menteri yang mantan eksekutif di sejumlah operator telekomunikasi ini.


Tetapi yang pasti, lanjutnya, Kementerian Kominfo tidak akan mengeluarkan kebijakan floor price, menentukan harga minimum.


"Yang akan kita dorong maintain adalah kompetisi. Harus ada pilihan bagi masyarakat pelanggan. Harus ada pilihan produk maupun pilihan harga," imbuh Rudiantara.


Pelanggan juga diimbau jangan terus meminta harga semurah-murahnya tetapi di sisi lain menginginkan kualitas yang paling tinggi. Sebab harus ada hitung-hitungan ekonomis juga agar operator bisa terus menjalankan roda bisnisnya.


"Operator jangan juga menjual di bawah harga produksi. Kalau begitu dan masyarakat inginnya harga murah-murah terus, bersiaplah dapat kualitas yang tidak bagus," menkominfo berpesan.


Wacana untuk menaikkan tarif data telah disampaikan oleh sejumlah operator. Indosat misalnya, operator ini bahkan mengaku telah menaikkan tarif datanya sejak kuartal kedua atau ketiga tahun ini.Next


(ash/ash)