Warga Tolak Pembangunan Kantor Baru Google

Jakarta - Rencana Google untuk membangun kantor anyar di Boulder, Colorado, Amerika Serikat diprotes warga kota tersebut. Menurut warga, pembangunan kantor anyar itu akan membuat nasib warga lokal semakin memprihatinkan.

Kantor anyar tersebut akan berdiri di atas tanah seluas 1,6 hektar, dan terdiri dari tiga buah bangunan empat lantai, termasuk tempat olahraga, kafetaria, serta tempat parkir bawah tanah.


Dengan kantor baru itu, Google bisa meningkatkan jumlah pegawainya di Boulder dari 340 orang menjadi hampir 1.500 orang. Nah, peningkatan kapasitas pegawai inilah yang membuat warga sekitar menjadi khawatir.


Menurut mereka, meningkatnya jumlah pekerja teknologi bergaji tinggi akan menambah masalah yang di kota Boulder. Yaitu meningkatkan kepadatan lalu lintas serta berkurangnya perumahan berharga murah.


"Harga akan terus meningkat. Sementara kami terus menjadi tak akan mampu menjangkaunya dengan penghasilan kelas rendah ataupun menengah, ujar Suzanne Jones, anggota dewan perwakilan kota, seperti yang dilansir Business Insider, Jumat (2/1/2015).


Untuk sementara, para Googler -- sebutan untuk karyawan Google -- mungkin akan tinggal dalam apartemen yang terletak di dekat kantor. Namun lama kelamaan, mereka akan mencari rumah yang terletak di area sekitar.


"Dari 1500 karyawan dan keluarganya, tentu banyak yang tak mau tinggal di komplek apartemen terdekat. Dengan gaji yang besar, mereka tentu ingin tinggal di rumah dengan halaman," tulis Judy Amabile, warga Boulder, dalam surat pembacanya di sebuah koran lokal.Next


(asj/ash)