Pembobol PlayStation Network dan Xbox Live Dibekuk

Jakarta - Salah satu anggota kelompok Lizzard berhasil dibekuk kepolisian Inggris. Lizzard adalah grup hacker yang melumpuhkan jaringan game Blizzard, Playstation Network (PSN) dan Xbox Live

Mengacu dari laporan kepolisian Thames Valley, Inggris, aksi Lizzard dilancarkan pada 1 Desember 2014. Grup tersebut melumpuhkan jaringan PSN dan Xbox Live sepanjang hari libur dan perayaan Natal kemarin.


Brian Krebs, jurnalis investigasi yang menangani berita kemanan internet di situsnya, Krebs on Security, mem-posting salinan dokumen jaminan polisi dari kantor polisi Kingston dari seorang pria 22 tahun bernama Vinnie Omari.


Dalam postingan-nya, Krebs mengidentifikasi Omari sebagai salah satu anggota dari kelompok Lizzard yang ditangkap.


Kepada The Daily Dot, Omari mengatakan jika penangkapan itu dilakukan ketika ia berada di dalam rumah dan polisi langsung melakukan penahanan atas dirinya.


Menurut Omari, polisi yang datang dengan surat perintah penggeledahan langsung mencari beberapa bukti di rumahnya, seperti alamat email, username, password, serta dokumen.


Dikutip detikINET dari Polygon, Jumat (2/1/2015), tak hanya melakukan penggeledahan, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang diduga digunakan pelaku untuk beraksi, seperti Xbox One, telepon, laptop, USB komputer dan lain-lain.


Pihak berwajib memang tengah aktif melakukan investigasi terkait kasus peretasan, baik Sony maupun jaringan PSN dan Xbox Live yang terjadi pada libur Natal 2014 kemarin. Ketika diinterogasi, pelaku lainnya yang bernama Ryan mengaku bahwa motivasi penyerangan tak lebih dari sekadar hiburan.


(ash/ash)