Bikin Layanan Video Call, Kim Dotcom: Selamat Tinggal Skype

Jakarta - Pendiri situs berbagi file Megaupload, Kim Dotcom, akan merilis sebuah layanan chat berbasis browser yang aman dalam waktu dekat.

Hal itu terkuak dari kicauan Dotcom dalam akun Twitternya yang diposting pada 29 Desember 2014. Dalam kicauan tersebut, Kim secara gamblang mengungkapkan ingin membuat browser terenskripsi penuh yang menyediakan layanan chat dan video call guna menjadi kompetitor Skype.


"Mega akan segera merilis sebuah layanan video call dan chat berbasis browser yang terenskripsi penuh termasuk dengan kecepatan transfer yang tinggi. Selamat tinggal Skype :-)," kicau Kim dalam akun Twitternya seperti yang dikutip detikINET dari Venture Beat, Selasa (30/12/2014).


Ini bukan kali pertama bagi Kim membicarakan layanan terbaru itu, yang mana telah disebutkan setiap bulan namun belum tersasar kepada khalayak. Bahkan pada Februari 2013, Kim sempat menyatakan bahwa Megaupload akan memperluas layanannya ke email, chat, voice, dan video.


Menurutnya, layanan terbaru itu akan dilengkapi dengan sistem enskripsi yang lebih aman dibanding dengan kompetitor macam Skype, GMail dan iCloud.


Kim menilai layanan-layanan itu tidak menawarkan cukup privasi karena mereka berbasis di Amerika Serikat, dimana pemerintah bisa meminta akses ke data tersebut dalam situasi tertentu.


(ash/ash)