Kondisi Internet Korut Memprihatinkan

Jakarta - Korea Utara belakangan banyak dibicarakan oleh netizen. Mereka dituding FBI meretas jaringan komputer studio film Sony Pictures. Kemudian kabarnya Amerika Serikat balas menyerang sehingga internet Korut lumpuh.

Tapi mau internet lumpuh atau tidak, sepertinya tak banyak pengaruhnya bagi warga Korut. Seperti yang dibeberkan dalam artikel media Inggris DailyMail yang dikutip detikINET, Selasa (30/12/2014), infrastruktur internet di Korut juga dikatakan sangat lemah sehingga bahkan hacker amatir pun mungkin mampu melumpuhkannya.


Kebanyakan orang biasa di Korut tak punya akses internet dan diyakini hanya ada sekitar 1.000 alamat IP di negeri Komunis itu. Akses ke dunia maya secara cukup bebas dikhususkan untuk kelompok tertentu seperti militer, universitas dan mungkin para hacker setempat.


Sebagai perbandingan, Korea Selatan punya 112 juta alamat IP. Sedangkan Amerika Serikat memiliki sekitar 1,5 miliar alamat IP. Jauh sekali bedanya.


"Sebuah blok kota besar di London atau New York punya alamat IP lebih banyak dibandingkan Korea Utara," ucap Ofer Gayer, peneliti sekuriti di Incapsula, Inc.


Jumlah komputer konon hanya ada sejuta unit. Dan setiap orang yang punya komputer harus mendaftarkannya ke pemerintah. Kebanyakan komputer ada di universitas atau instansi pemerintahan.


Saking terbatasnya akses pada internet, media penyimpanan seperti flash disk yang diselundupkan dari luar negeri jadi benda yang menyenangkan. Karena flash disk itu telah diisi berbagai informasi mengenai dunia luar.Next


(fyk/ash)