Soal Kepuasan Pelanggan, Samsung Kalahkan Apple

Jakarta - Tak cuma soal jualan dan perseteruan di pengadilan, persaingan Samsung dan Apple juga berlaku soal kepuasan pelanggan. Namun untuk tahun 2014, Apple harus bertekuk lutut di hadapan Samsung yang dianggap lebih memuaskan pelanggannya.

Padahal di tahun sebelumnya, berdasarkan index American Consumer Satisfaction, Apple berhasil mengungguli Samsung dengan skor sebesar 80 poin. Sedangkan pesaingnya, Samsung, harus rela berada di bawahnya dengan 70 poin.


Sekarang keadaannya berbalik, skor kepuasan pelanggan yang diperoleh Apple memang hanya turun sedikit, jadi 79 poin, namun Samsung justru terdongkrak signifikan jadi 81 poin. Atas dasar itulah American Consumer Satisfaction lantas menobatkan Samsung lebih memuaskan pelanggannya ketimbang Apple di tahun 2014.


Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Rabu (31/12/2014), analis mengatakan turunnya kepuasan pelanggan terhadap Apple tak lepas dari kasus ‘bendgate’ yang dialami iPhone 6 Plus. Ditambah lagi juga soal hadirnya bejibun bug di iOS 8 yang cukup bikin kesal fans Apple.


Sementara meningkatnya kepuasan pelanggan terhadap Samsung disebut ada kaitannya dengan strategi sang vendor Korea Selatan yang mulai menggunakan material metal pada ponselnya.


Selain itu mulai munculnya bocoran Galaxy S6 yang pakai bodi metal juga jadi faktor penting yang berhasil membantu Samsung meningkatkan loyalitas pelanggan.


(yud/ash)