Orang Nomor Satu Xbox Live Cabut

Jakarta - Setelah 17 tahun mengabdi, buku karir Boyd Multerer di Microsoft akhirnya ditutup. Kabar mundurnya orang nomor satu di divisi pengembangan Xbox Live itu tersiar via Twitter.

"Selamat tinggal Microsoft. Merupakan hal yang bagus. Xbox sangat hebat! Waktunya untuk melakukan sesuatu yang baru," kicau Multerer di akun Twitternya.


Selain bertanggung jawab terhadap Xbox Live, Multerer juga dikenal sebagai salah satu dalang di balik pembuatan Xbox 360. Multerer sudah bergabung dengan Microsoft sejak tahun 1997 silam.


Dikutip detikINET dari Polygon, Selasa (30/12/2014), di tahun 2000, Microsoft pun menarik Multerer untuk memimpin pengembangan komponen online Xbox original, yang mana kala itu dinamakan Xbox Online.


Dalam jabatannya, Multerer bertanggung jawab dalam memperkerjakan tim pengembang Xbox Live, memimpin desain, mengarahkan, dan mengimplementasi layanan online gaming Microsoft. Ia juga merupakan orang pertama di Xbox Live yang menekankan langkah-langkah keamana dan anti cheat.


Dalam masa-masa terakhirnya, Multerer menjabat sebagai Director of Development untuk Xbox. Dengan jabatannya itu, pria lulusan Universitas Wisconsin itu ikut bertanggung jawab terhadap desain dan pengembangan konsol generasi terbaru Microsoft, Xbox One.


Ia juga merupakan kunci dalam pembangunan tiga sistem operasi berbeda yang mana membuat pengguna bisa langsung berpindah secara cepat dari game, menu, dan aplikasi pada Xbox One.


(ash/ash)