Penerus iPhone 6 Tak Cuma Andalkan Prosesor Samsung

Jakarta - Prosesor A9 yang menjadi 'otak' bagi iPhone generasi terbaru kabarnya akan diproduksi juga oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Bagian dalam iPhone ini sebelumnya juga akan diproduksi oleh Samsung.

Sebelumnya memang diberitakan, bahwa Samsung akan mengerjakan prosesor yang menggunakan fabrika 14nm FinFET. Malah kabarnya lagi, prosesor A9 ini sudah dalam tahap produksi di Texas, Amerika Serikat.


Kedua kabar ini memang benar, namun dari hasil bisik-bisik, TSMC akan menyuplai sebagian besar prosesor A9 yang dibuatnya. Demikian seperti detikINET kutip iDownloadblog, Rabu (31/12/2014).


Ini sejatinya bukan hal baru, karena untuk prosesor di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, keduanya juga menyuplai ke Apple. Namun, 70% hasil produksi berasal dari TSMC.


Hal paling masuk akal mengapa TSMC menjadi yang paling banyak memproduksi, karena hasil rakitannya masih lebih baik ketimbang besutan Samsung.


Walau mungkin masih lama diumumkan, keunggulan A9 dibanding seri sebelumnya akan terletak pada konsumsi daya yang jauh lebih irit, namun mempunyai performa yang lebih kencang.


Konsumsi dayanya dikatakan akan lebih irit 35%, sementara kemampuan pemrosesan datanya meningkat sebesar 20%. Ukuran chipnya pun akan berkurang secara signifikan, yaitu sekitar 15% dibanding chip dengan fabrikasi 20nm.


(tyo/rou)