Mengenal Black Box, Kotak Penyimpan Misteri

Jakarta - Black Box, demikian banyak orang menyebutnya. Selain para korban, perangkat ini adalah benda paling dicari bila terjadi kecelakaan pesawat. Namun meski sering mendengarnya, banyak orang yang tak benar-benar tahu seperti apa Black Box itu.

Black Box diburu karena perangkat tersebut menyimpan misteri yang bisa mengungkap penyebab kejadian kecelakaan. Dari informasi yang beredar, Black Box bisa menyimpan percakapan yang terjadi antara pilot kepada krunya atau menara pengawas.


Selain itu Black Box juga bisa menyimpan berbagai informasi yang didapat dari banyak sensor di pesawat terkait masalah yang bisa jadi penyebab kecelakaan. Nantinya informasi yang terekam di Black Box akan dijadikan petunjuk oleh pihak berwenang untuk mengungkap misteri penyebab kecelakaan.


Tapi selain hal itu, sebenarnya masih ada hal-hal lain soal Black Box yang jarang diketahui. Penasaran apa saja? Berikut ringkasannya seperti detikINET kutip dari ABC News, Rabu (31/12/2014).


1. Black Box tak berwarna hitam


Namanya memang Black Box, tapi aslinya perangkat ini tak memiliki warna hitam sama sekali. Jadi sebenarnya warna perangkat Black Box itu adalah orange. Tentu bukannya tanpa tujuan, pemilihan warna orange dilakukan agar Black Box lebih mudah ditemukan berkat warnanya yang mencolok.


2. Black Box punya dua bagianNext


(yud/ash)