Android Wear Tak Bisa Ditandem Semua Smartphone

Jakarta - Smartwatch dengan OS Android Wear akhirnya dipamerkan Google di acara Google I/O 2014. Cukup lama dinantikan, sayangnya platform ini tak bisa ditandem dengan semua smartphone.

LG G Watch dan Samsung Gear Live adalah dua smartwatch perdana Android Wear yang saat ini sudah bisa mulai dipesan. Selain keduanya, ada Moto 360 dari Motorola, namun yang satu ini belum bisa dibeli, setidaknya sampai akhir Agustus 2014.


Nah, Anda tertarik membeli smartwatch berbasis Android Wear, ada satu hal yang harus diperhatikan. Platform ini hanya mendukung sinkronisasi dengan smartphone yang menggunakan OS Android minimal versi Jelly Bean dan di atasnya.


Sejumlah pengamat gadget menyayangkan, karena seperti dilansir Techcrunch, Minggu (29/6/2014), data distribusi OS Android yang terakhir menunjukkan hanya 23,9% perangkat Android yang menjalankan Android Jelly Bean dan KitKat.


Untuk Android KitKat sendiri, jumlah adopsinya hingga 4 Juni 2014 lalu, baru mencapai 13,6%. Sisanya masih tertahan di OS versi lebih lama. Ini tentu mengurangi jumlah pembeli potensial smartwatch berbasis Android Wear.


Meski jumlah pengguna OS Android versi terbaru akan terus bertambah, sepertinya tak akan terjadi dalam waktu yang singkat. Sebagai perbandingan, untuk mencapai angka adopsi 23,9% Google membutuhkan waktu hampir satu tahun.


Penasaran apakah smartphone Anda bakal bisa dipasangkan dengan smartwatch Android Wear yang akan dibeli? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengunjungi halaman situs Android di tautan http://www.android.com/wear/check/


(rns/rns)