Ponsel China Menggigit Dunia

Jakarta - Stigma negatif ponsel China yang dihargai murah, barang tiruan, dan mudah rusak mulai luntur. Di tahun ini sejumlah ponsel asal Tirai Bambu menggebrak, bahkan sampai mengusik para raksasa ponsel dunia.

Para produsen smartphone asal China tak hanya jago kandang. Mereka juga berani berekspansi ke pasar internasional yang dimulai dari Asia. Harga murah namun tak murahan, adalah pesan terbaru yang dibawa oleh mereka.


Dari beberapa vendor yang bersinar paling terang tentu saja Xiaomi. Namun juga jangan lupakan pabrikan lain seperti OnePlus, Oppo, dan Vivo. Ini pun termasuk merek asal China lainnya yang sudah terlebih dahulu masuk pasar.


Xiaomi dan Kisah Daud Menantang Goliath


Xiaomi yang dalam Bahasa China yang memiliki arti harfiah 'teknologi beras kecil' ternyata tak sekecil namanya. Buktinya dalam waktu tergolong singkat, mereka mampu merangsek ke posisi empat besar dunia dalam daftar penjualan smartphone terbanyak.


Dalam catatan riset Gartner, sepanjang kuartal terakhir di tahun 2014 ini, setidaknya 1,2 miliar ponsel terjual. Posisi pertama kedua dan ketiga memang masih dipegang status quo, Samsung dan Apple.


Namun kejutan berhasil diledakan Xiaomi, yang mampu menempel saudara Tanah Airnya, Huawei. Dalam catatan Gartner, Si Beras Kecil ini mampu menjual 15,52 juta unit smartphone.Next


(tyo/ash)