Pengakuan Gay Tak Bikin Pesona CEO Apple Luntur

Jakarta - Tahun 2014 mungkin menjadi tahun paling penuh tantangan bagi CEO Apple Tim Cook. Usai membuat pengakuan sebagai gay atau penyuka sesama jenis, penerus Steve Jobs ini menuai badai pro kontra.

Mengingat isu semacam ini masih sensitif di banyak kalangan, pengakuan mengejutkan Cook dikhawatirkan berdampak negatif terhadap bisnis Apple. Sejumlah investor dikabarkan tidak senang dengan pengakuan Cook.


Seorang investor yang menolak disebut namanya menilai tidak perlu Cook melakukan pengakuan seperti itu. "Aku memang tak peduli dia gay atau bukan. Tapi saat ini dia membuat fokus berada di dirinya sendiri, bukan perusahaan. Ini merugikan investor," katanya.


Beberapa negara, Rusia salah satunya melarang keras Cook datang ke negara mereka. Anggota parlemen Rusia menganggap kaum gay berpotensi menularkan penyakit sehingga harus dicekal.


Bahkan monumen Steve Jobs di kota St Petersburg, Rusia yang semula didirikan untuk mengenang mantan orang nomor satu di Apple itu, sengaja dirobohkan pasca pengakuan Cook.


Namun tak sedikit pula yang melayangkan pujian pada Cook, khususnya di Amerika Serikat. Banyak investor Apple yang tak peduli dengan orientasi seksual sang bos Apple. Beberapa analis pun berkeyakinan kapal Apple tetap akan perkasa.


Dan memang, harga saham Apple memang tampaknya tidak terpengaruh terlalu banyak setelah Cook mengaku gay. Hanya turun sekitar 0,6% di angka USD 106,79. Menjelang akhir tahun, Cook juga menerima penghargaan sebagai CEO terbaik tahun ini.


Berada di posisi teratas dalam daftar 'The Best CEOs of 2014' versi CNN Money, Cook mengungguli bos BlackBerry dan Microsoft. CNN Money menilai iPhone terbaru, layanan Apple Pay dan antusiasme akan munculnya Apple Watch di 2015 adalah sejumlah faktor yang ikut menentukan terpilihnya Cook menjadi CEO terbaik di 2014.


"Cook tak diragukan lagi memiliki pekerjaan CEO terberat di Amerika. Dia harus meyakinkan anggapan skeptis bahwa Apple masih bisa berinovasi setelah kematian Steve Jobs. Dia membuktikan anggapan itu salah," sebut CNN Money.


Selain CNN Money, Financial Times juga menobatkan gelar serupa kepada Cook. 'Person of the Year' yang ditujukan kepada Cook didasari alasan yang sama. Financial Times juga memuji keberanian Cook atas pengakuannya sebagai penyuka sesama jenis. (rns/ash)