Dilelang! Kamera Langka, Leica Berbalur Emas

Jakarta - Jika kamera keluaran Leica yang versi standar saja sudah terbilang mahal harganya, bagaimana dengan yang edisi khusus nan langka. Apalagi kamera langka ini berbalur emas dan hanya diproduksi sebanyak empat unit saja. Ada yang bisa menebak harganya?

Kamera Leica ini disebut-sebut akan menjadi salah satu kamera paling mahal. Di luar materialnya yang terbuat dari emas, Leica Luxus II ini juga masuk dalam daftar piranti kamera paling langka. Bagaimana tidak, sang produsen hanya membuat Leica seri ini sebanyak empat unit saja. Diproduksi pada tahun 1932, kamera yang dimaksud kerap dipakai oleh pemiliknya setelah Perang Dunia II.


Para ahli kamera meyakini, kamera ini didesain untuk konsumen khusus, mengingat sepuhan emas dan casingnya yang terbuat dari kulit buaya. Mereka juga memprediksi, kamera ini akan berhasil terjual dengan harga yang sangat menjulang, mengingat pesona Leica sendiri yang tak pernah lekang.


Marc Allum, ahli barang-barang antik juga mengemukakan pendapatnya. "Leica kerap membuat edisi spesial. Dan ini adalah satu dari empat unit yang diproduksi, dan ada kemungkinan menjadi salah satu Leica terlangka di dunia,” ujarnya.


Seperti detikINET kutip dari Telegraph, Senin (28/10/2013), kamera Leica Luxus II ini rencananya akan dilepas oleh rumah lelang Bonham pada 22 November 2013 di Hong Kong.


“Kami pernah menjual kamera Leica di angka 625 ribu poundsterling dan itu cuma salah satu dari 95 unit. Dari sudut pandang kolektor, saya akan kecewa jika lelang kamera (Leica Luxus II) ini tak mampu menembus 1 juta poundtsterling,” tukas Jon Baddeley, Managing Director Bonham.


(sha/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!