Google Bangun Data Center di Tengah Laut

Jakarta - Google akan membuat data center yang berbeda dari kebanyakan data center milik raksasa teknologi lainnya. Si raja internet ini berencana membuat data center yang bisa mengapung di atas air laut, yakni di lepas pantai.

Sebuah laporan investigasi menyebutkan, data center ini akan memanfaatkan laut sebagai sumber energi sekaligus peredam panas. Letaknya yang berada di lepas pantai berpotensi akan jauh dari jangkauan pemerintah setempat.


Kabar ini mengemuka dari sebuah bukti yang bocor baru-baru ini. Informasi ini menyebutkan Google punya hubungan khusus ke bangunan misterius 'Building 3' Treasure Island di teluk San Francisco.


Seperti detikINET kutip dari Cnet, Selasa (29/10/2013), bangunan misterius itu disebut-sebut para ahli adalah dasar pondasi untuk struktur gedung yang nantinya akan mengapung di permukaan laut.


Adapun rancanan struktur bangunan ini ada dalam paten yang didaftarkan Google pada 2008. Dalam paten digambarkan, sebuah data center di atas bangunan semacam kapal, dengan sumber energi dari lautan. Teknologi ini juga memanfaatkan air laut untuk mendinginkan server.


Sejumlah ahli menyebutkan, dengan menyimpan data di 'laut' akan menguntungkan Google dalam urusan biaya data storage. Penyimpanan data di lepas pantai juga bisa menghindarkan Google campur tangan pemerintah.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!