Instagram Bersih-bersih Akun Gak Jelas

Jakarta - Instagram pernah berjanji untuk membersihkan layanannya dari akun-akun palsu, nonaktif, dan sejenisnya. Kini Instagram telah menepati janjinya dengan menghapus jutaan akun yang tak jelas siapa pemiliknya.

Namun ternyata aksi Instagram itu tak disambut baik oleh banyak pengguna. Penyebabnya adalah, aksi Instagram mengurangi jumlah follower sejumlah akun populer secara drastis.


Contohnya Justin Bieber, yang jumlah pengikutnya berkurang sebanyak 3,5 juta. Ada juga Ariana Grande, yang kehilangan pengikut sebanyak 1,5 juta.


Bahkan, ada seorang pengguna Instagram dengan nama akun chiragchirag78 yang kini hanya mempunyai 8 pengikut, padahal sebelumnya ia mempunyai 4 juta pengikut. Ia akhirnya menutup akunnya itu.


Ibarat senjata makan tuan, aksi Instagram ini juga merugikan dirinya sendiri. Jumlah pengguna Instagram yang hilang dalam aksi penghapusan itu mencapai sekitar 19 juta akun.


Seperti dikutip detikINET dari Engadget, Sabtu (20/12/2014), pihak Instagram menjelaskan aksi bersih-bersih ini dilakukan demi kebaikan bersama.


(asj/ash)