Penerus Nintendo 3DS Adopsi Layar Canggih Sharp

Tokyo - Nintendo dikabarkan menjadi perusahaan konsol game pertama yang mengadopsi layar LCD tercanggih keluaran Sharp. Teknologi layar yang bisa berubah bentuk ini rencananya akan disematkan pada konsol penerus seri 3DS.

"Nintendo akan menggunakan layar tersebut pada perangkat konsol portabel terbarunya, menggantikan lini seri Nintendo 3DS, atau untuk perangkat pemetaan tidur QoL (Quality of Life) yang rencananya akan beredar di pasaran pada 2016," ungkap sumber Japan Times, seperti detikINET kutip Gamespot, Minggu (21/12/2014).


Seperti diketahui, teknologi layar free form ini merupakan sebuah teknologi layar terbaru dari Sharp, dimana layar tersebut memiliki desain dan bentuk yang tidak biasanya.


Teknologi layar yang ditemukan pada Juni 2014 lalu ini tak lagi membutuhkan bezel untuk bisa menyebarkan jaringan sirkuit. Dengan begitu, Sharp bisa dengan bebas membentuk sebuah layar tanpa harus berbentuk kotak atau persegi panjang.


Baik Nintendo maupun Sharp sebenarnya sudah memiliki kedekatan yang cukup erat dalam hal kerjasama. Perangkat konsol handheld 3DS Nintendo sebelumnya pun sudah mengusung teknologi layar 3D glasses-free milik Sharp.


3DS sendiri pertama kali dirilis oleh Nintendo pada tahun 2011 lalu. Hingga kini, versi terbaru 3DS punya prosesor yang cepat dan teknologi eye-tracking yang mana digunakan untuk meningkatkan efek 3D.


(rou/rou)