Besok, Pelanggan XL Sudah Bisa 4G LTE

Jakarta - Setelah diawali oleh Telkomsel pekan lalu, kini giliran XL Axiata yang meresmikan komersialisasi 4G LTE. Layanan ini sudah bisa dinikmati pelanggan XL mulai esok hari, Jumat (19/12/2014).

Hal itu terungkap dari undangan yang diterima detikINET, Kamis (18/12/2014). Dalam undangannya, operator yang identik dengan warna biru ini berencana meresmikannya di salah satu mall di Jakarta Utara. Artinya, di sekitar wilayah itulah jaringan 4G LTE kemungkinan akan bisa langsung dirasakan pelanggan XL.


Beberapa tokoh penting pun bakal hadir di acara peresmian itu besok, di antaranya adalah Menkominfo Rudiantara. Sejumlah petinggi penting XL juga akan hadir dalam acara tersebut, seperti Dian Siswarini yang menjabat Group Chief Marketing Regional Officer Axiata, dan Ongki Kurniawan selaku Direktur Service Management XL.


Sebelumnya, pada akhir Oktober 2014, XL telah menggelar uji coba 4G LTE di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Mall Kota Casablanca, Mall Central Park, dan Mall Senayan City. Bekerjasama dengan penyedia perangkat jaringan Huawei dan Ericsson, XL Axiata menjanjikan kecepatan transfer data 4G LTE hingga 36 Mbps.


Bersama dengan Indosat dan Telkomsel, XL Axiata adalah salah satu operator seluler yang memiliki alokasi frekuensi 4G LTE di frekuensi 900 MHz sebesar 7,5 MHz. Selain di frekuensi itu, XL Axiata juga berencana menggelar layanan 4G di frekuensi 1.800 MHz untuk digunakan secara agregasi dengan frekuensi 900 MHz.


Untuk bisa merasakan jaringan 4G LTE, pelanggan XL hanya perlu menukarkan kartu SIM lamanya terlebih dulu dengan kartu baru uSIM. Penukaran bisa dilakukan di XL Center terdekat. Nomor pun tidak akan berubah.


(yud/rou)