Akankah Telkom Ikut Dirombak, Pak Jokowi?

Jakarta - Perombakan! Belakangan kata ini kian akrab dengan BUMN, khususnya dari jajaran direksinya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan ikut turun tangan untuk menentukan para bos-bos perusahaan pelat merah.

Pertamina dan Garuda Indonesia adalah dua BUMN yang sudah merasakan aksi rapih-rapih Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Rini Soemarno demi memperbaiki kinerja perusahaan.


"Sekali lagi, kita ingin memperbaiki semua BUMN kita. Dalam rangka memperbaiki itu ada banyak jalan, dan jalan-jalan yang ingin ditempuh saya mendapatkan usulan-usulannya," kata Jokowi usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta, kemarin.


"Pertimbangan-pertimbangan apapun akan kita gunakan dalam rangka memperbaiki BUMN kita untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," lanjutnya.


Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, sebelumnya presiden dilibatkan untuk pemilihan BUMN-BUMN strategis saja, seperti Pertamina atau PLN. Namun kini, beberapa BUMN lain, direksinya juga akan dipilih presiden.


"Ada 20 BUMN strategis perlu proses detil. Dalam arti harus ke Setkab (Sekretaris Kabinet). Konsultasi dilakukan ke Presiden dan menteri teknis," kata Rini.


Presiden sendiri berperan sebagai Ketua Tim Penilai Akhir (TPA) yang menentukan posisi direksi BUMN strategis. Di bawah kendali Rini, peran presiden diperluas.Next


(ash/ash)