Aplikasi Mahasiswa UGM Juara di Silicon Valley

Jakarta - Tim mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil menjadi jawara dalam kompetisi aplikasi yang diselenggarakan AT&T dan IBM 'Public Safety App Challenge' di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Mahasiswa Indonesia ini memperoleh penghargaan sebagai 'Best Public Safety App' berkat mengembangkan aplikasi Realive, yakni aplikasi penanganan kecelakaan secara real time.


Aplikasi Realive dikembangkan oleh gabungan lima mahasiswa prodi Ilmu Komputer dan satu mahasiswa prodi Geofisika Fakultas MIPA yaitu Daniel Oscar Baskoro (project manager), Zamahsyari (programmer), Bahrunnur (programmer), Sabrina Woro A (designer), Fansyuri Jenar (copywriter), serta Maulana Rizki A (data analyst).


Menurut Oscar, kompetisi itu diikuti peserta dari berbagai negara di dunia. Sebelum diundang memperesentasikan hasil karya di hadapan dewan juri, para peserta diberikan data untuk diolah terlebih dulu. Selanjutnya hasil olahan data digunakan untuk proses pengembangan aplikasi.


“Aplikasi yang kita kembangkan yaitu Realive berhasil melalui proses pengembangan aplikasi. Hasilnya kami presentasikan di depan tujuh orang juri dari kalangan profesional dari berbagai perusahaan terkemuka di Silicon Valley,” paparnya, dalam keterangan resmi UGM, Rabu (17/12).


Realive merupakan aplikasi untuk menangani kecelakaan secara real time yang dikembangkan pada Android Wear dan Google Glass. Dengan pemanfaatan aplikasi ini dapat memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait dan terdekat seperti polisi, petugas pemadam kebakaran, petugas kesehatan, dan yang lainnya saat terjadi kecelakaan.


“Dengan memakai Realive pertolongan bisa dilakukan dengan cepat karena informasi langsung ditujukan kepada petugas yang berada di sekitar lokasi kecelakaan menggunakan perangkat wearable,” jelas Oscar.Next


(ash/tyo)