Inikah Ponsel dengan Perintah Suara Tercanggih?

Jakarta - Salah satu kelebihan yang coba ditonjolkan beberapa smartphone zaman sekarang adalah kemampuan perintah suara. Ada Siri di iPhone, S Voice di Samsung sampai Google Now di Moto X. Tapi konon, ponsel terbaru besutan ZTE ini lebih canggih dari semua teknologi itu.

ZTE Star 2, begitu namanya. Star 2 ini diklaim memiliki sistem kontrol suara ke level yang baru dan bisa dioperasikan tanpa internet. Memang seperti apa kecanggihannya?


Dikutip detikINET dari Digital Trends, Jumat (19/12/2014), pengguna bisa unlock ponsel cukup dengan suara. Kemudian bisa diperintah untuk melakukan panggilan, membuka dan menutup aplikasi, memutar musik, mengambil foto, membalas pesan dan sebagainya.


Untuk melakukan panggilan, bisa dengan mendekatkan ponsel ke telinga, kemudian ponsel akan bertanya siapa yang ingin ditelepon. Fungsi perintah suara untuk menelepon ini juga bisa dilakukan cukup dengan menyebut nama dan bisa dioperasikan meski ponsel terkunci.


ZTE mengklaim respons perintah suara di Star 2 sangat cepat, hanya butuh waktu 1,2 detik saja. Kemudian persentase kesuksesan mencapai 90%, bahkan meskipun di lingkungan ramai.


Sayangnya saat ini, fitur perintah suara di Star 2 baru mengenali bahasa China saja. Tapi mungkin saja ke depannya akan ada dukungan untuk bahasa lainnya.


Ditilik dari spesifikasinya, Star 2 sudah masuk deretan kelas atas. Ia memiliki layar 5 inch resolusi 1080p. Kemudian kamera utama 13 megapixel dan kamera depan 5 megapixel.


Dari sisi jeroan, ia dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 801 2,3 GHz, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB yang bisa diekspansi melalui microSD. ZTE Star 2 support 4G LTE serta memiliki 2.300 mAh. Sedangkan sistem operasinya Android 4.4 KitKat.


Sayangnya dari sisi desain terlihat biasa-biasa saja. Tapi cukup tipis dengan ketebalan cuma 6,9 mm serta materialnya dari alumunium di bagian frame. Handset ini baru beredar di China dengan banderol USD 402 atau kurang dari Rp 5 juta.

(fyk/ash)