Tahun Baru, 11 Pulau Terluar Dihadiahi Fasilitas Komunikasi

Jakarta - Sinergi Telkom dan TNI Angkatan Laut (AL) dalam menyediakan faslitias telekomunikasi di 11 pulau terluar Indonesia terus digenjot. Diharapkan, sebelum tahun berganti layanan ini sudah tersedia.

Hal itu ditegaskan Menkominfo Rudiantara kepada detikINET di bandara Melak, Kutai Barat, dalam lawatannya ke daerah perbatasan Tiong Ohang untuk meresmikan BTS Telkomsel.


11 pulau terluar yang bakal mendapat hadiah layanan telekomunikasi ini adalah Pulau Rondo (Aceh), Pulau Berhala (Sumatera Utara), Pulau Nipah (Kepulauan Riau), Pulau Sekatung (Kepulauan Riau), Pulau Batek (Nusa Tenggara Timur), Pulau Dana (Nusa Tenggara Timur), Pulau Marore (Sulawesi Utara), Pulau Miangas (Sulawesi Utara), Pulau Fani (Papua), Pulau Brass (Papua) dan Pulau Fanildo (Papua).


Layanan yang diberikan berupa layanan telepon PSTN, akses seluler Telkomsel, akses internet dan media televisi di 11 pulau terluar.


Adapun tujuan dibangunnya menara telekomunikasi di 11 pulau terluar di Indonesia itu adalah untuk membantu Angkatan Laut berpatroli agar dapat mudah melakukan komunikasi.


Sebab di 11 pulau terluar itu memang tak ada penduduknya. Jadi tujuannya adalah memang untuk membantu Angkatan Laut menjaga kedaulatan NKRI.


“Hanya Angkatan Laut yang tinggal di sana. Maka dari itu kita fasilitasi dengan jaringan telekomunikasi. Diharapkan sebelum 1 Januari 2015 nanti seluruh pulau tersebut sudah bisa difasilitasi (dengan jaringan telekomunikasi),” pungkas menkominfo.


(yud/ash)