Sodorkan 4G, XL Gandeng LG dan Sony

Jakarta - XL resmi mengkomersialkan jaringan 4G LTE bagi pelanggannya. Urusan handset, operator yang identik dengan warna biru ini menggandeng LG dan Sony untuk penyediaannya.

Adapun tipe ponsel yang telah disiapkan XL saat ini bagi pelanggannya adalah LG G3 dan Xperia Z3. Pengguna bisa langsung membeli paket bundling XL bersama kedua ponsel itu, atau dengan melakukan trade-in ponsel lamanya.


XL juga menjanjikan diskon menarik bagi pelanggan yang memilih metode trade-in. Bila telah memperoleh izin penggunaan frekuensi 1800 MHz, XL sendiri berniat menggunakan teknologi carrier aggregation pada jaringan 4G miliknya.


Dengan teknologi tersebut kecepatan jaringan 4G miliknya pun diklaim bisa tembus sampai lebih dari 100 Mbps. Jauh dari kecepatan saat ini yang diklaim berada di angka 36 Mbps karena masih berjalan di frekuensi 900 MHz.


Namun untuk bisa merasakan kecepatan tinggi yang disodorkan teknologi carrier aggregation di jaringan 4G XL, Rahmadi Mulyohartoni yang menjabat Senior GM Network Planning XL mengatakan spesifkasi ponselnya juga harus mendukung yakni telah mengusung teknologi 4G Cat 6.


"Perangkat harus sudah mendukung teknologi Cat 6, lebih bagus lagi juga bila telah mendukung carrier aggregation 40 Mhz (karena bakal lebih cepat lagi koneksinya)," ujar Rahmadi di sela-sela peresmian jaringan 4G XL di La Piazza, Jakarta, Jumat (19/12/2014).


Rahmadi menambahkan antara ponsel 4G yang masuk kategori kelas atas dan yang menengah tentu experience yang bakal dirasakan juga berbeda. Karena hal itu terkait dengan performa chip yang digunakan.


"Ponsel 4G kelas atas dan menengah punya DSP yang berbeda. Yakni modul yang berfungsi mengubah sinyal analog ke digital yang kemudian dikonversi ke layar ponsel atau pun ke bentuk suara. Chip yang digunakan oleh ponsel kelas atas tentu punya performa yang lebih baik dibanding yang kelas menengah," imbuh Rahmadi.


Selain LG dan Sony, produsen ponsel selanjutnya yang dipastikan akan segera menyusul bekerjasama dengan XL untuk penyediaan ponsel 4G antara lain Apple, Samsung, BlackBerry, HTC, Lenovo dan juga Xiaomi. Bersama mereka, XL akan menghadirkan ponsel-ponsel 4G melalui program bundling dengan banderol harga mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 jutaan.


(yud/rns)