Dirut Telkomsel Calon Kuat Dirut Telkom

http://us.images.detik.com/content/2014/12/19/328/ajs.jpgDirut Telkomsel Alex J. Sinaga (detikINET)


Jakarta - Sepeninggal Arief Yahya yang diangkat menjadi Menteri Pariwisata, otomatis jabatan Direktur Utama di Telkom pun lowong dan diisi sementara oleh Indra Utoyo selaku pelaksana tugas.

Namun jelang Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB)‎ yang akan digelar sore ini, Jumat (19/12/2014), beberapa nama kandidat untuk mengisi posisi itu pun mencuat dengan satu nama terkuat dari kalangan internal.


Dari bocoran yang diterima detikINET, Alex Janangkih Sinaga (Direktur Utama Telkomsel) dikabarkan ada di posisi terdepan di antara Ririek Adriansyah (Director of Wholesale & International Service) dan Indra Utoyo (Plt Direktur Utama Telkom).


Kalaupun ada perubahan, kemungkinan hanya akan terjadi pertukaran posisi saja. Jika benar Alex yang akan mengisi posisi Telkom-1, maka jabatan Telkomsel-1 pun otomatis kosong. Rencananya, posisi ini akan ditempati oleh Ririek.


Namun sebelum palu diketuk sore nanti, apapun masih bisa terjadi. Masih ada beberapa kuda hitam yang mungkin jadi kejutan. Apalagi suara penolakan terhadap rezim lama peninggalan Arief Yahya ini kian kencang disuarakan oleh serikat karyawan BUMN telekomunikasi itu.


Selain pergantian Direktur Utama di Telkom dan rencana perampingan direksi, posisi Komisaris Utama di Telkom juga ikut lowong sejak ditinggalkan Jusman Syafii Djamal yang terpilih menjadi Komisaris Utama di Garuda Indonesia.


Kementerian BUMN dalam mencari orang yang tepat untuk posisi lowong ini kabarnya menggunakan konsultan independen untuk assessment. Kandidat yang lolos namanya akan digodok di internal kementerian, baru kemudian dibawa ke Menteri BUMN, setelah itu ke Presiden Joko Widodo.


Siapa yang akhirnya terpilih jadi orang nomor satu di Telkom? Kita tunggu saja hingga siang ini.


(rou/ash)