Mengenal 'SoundCloud' Era 1990an

Jakarta - Beberapa pengguna internet masih mengingat Napster, MySpace dan SoundCloud sebagai wadah untuk mengunggah video atau lagu indie anggotanya. Sebelum layanan itu ada, rasanya situs IUMA menjadi pionirnya.

Memang rasanya tak bisa mengklaim sepihak bahwa Internet Underground Music Archive adalah yang pertama. Namun, IUMA datang jauh sebelum SoundCloud meluncur. Tepatnya di awal tahun 1990an.


IUMA seperti SoundCloud zaman sekarang dan pernah mengecap manisnya dunia musik indie seperti MySpace. Ya, IUMA hadir dari Santa Cruz, California, Amerika Serikat, pada tahun 1993.


Salah satu pendirinya, Jeff Patterson, mengenang, bahwa IUMA juga banyak digunakan musisi indie untuk memperkenalkan karyanya. Bahkan, salah satu buah kesuksesan band punk Ska Sublime, dipetik dari situs ini.


Namun cerita IUMA tak berakhir manis. Inovasi mereka saat itu, tak diiringi dengan booming penetrasi internet. Dimana kecepatan download dan upload menjadi menu utama. IUMA, tak seperti SoundCloud yang mampu memposting 12 jam musik baru dalam semenit.


Matinya IUMA bukan tanpa alasan, sebab siapa yang mau mengunduh musik dan mengunggahnya dengan kecepatan internet ala kadarnya.


IUMA pun akhirnya tak kuat berdiri, sampai akhirnya lunglai pada tahun 2006. Namun berkat layanan ini, kita bisa mengenal Napster, MySpace dan SoundCloud.


(tyo/ash)