Menkominfo Rudiantara: Tolong, Manfaatkan Saya!

Jakarta - Punya posisi mentereng sebagai menteri urusan ICT tak membuat Rudiantara lupa diri. Ia bahkan rela menjadi salesman dan mediator, agar jabatannya sebagai Menkominfo bisa lebih berguna bagi kepentingan industri di Tanah Air.

Please, use me. Saya ada di sini untuk Anda semua,” kata Chief RA -- panggilan Rudiantara -- di hadapan seluruh perwakilan direksi operator dan para stakeholder industri ICT di Indonesia, dalam HUT ke-3 IndoTelko Forum di Balai Kartini, Jakarta.


Dalam kesempatan ini, para operator telkomunikasi mengeluhkan masalah keterbatasan sumber daya alam frekuensi, regulasi yang belum mendukung model bisnis, hubungan dengan pemain over-the-top (OTT), hingga ide berkontribusi dalam Indonesia Broadband Plan.


Mantan Komisaris Indosat ini juga menawarkan dirinya sebagai mediator bagi operator dan OTT global dalam mengatasi ruwetnya mencari skema kerjasama yang ideal agar terjadi win-win solution.


Use me, use me. Kita siapkan data karena orang asing itu lebih suka bicara berdasarkan data. Mari kita temui mereka. Kalau perlu saya yang email langsung dan telepon mereka. Saya yang akan jadi salesman untuk Anda semua,” kata Rudiantara menanggapi ruwetnya operator menghadapi pemain OTT asing.


Aksi nyata yang telah ditunjukkan Menkominfo saat menghadapi OTT asing adalah saat berdiskusi langsung dengan CEO Vimeo Kerry Trainor dan CEO Path Dave Morin. Kedua OTT asing itu pun ditawari Chief RA untuk membuka kantornya di Indonesia agar bisa memberi kontribusi lebih dari sisi bisnis.


"Kita punya posisi tawar yang tinggi. Dave Morin mengakui Indonesia cukup berkontribusi. Makanya saya tawarkan, why don't you moved your office from Silicon Valley to Indonesia? Tell me what you need. I will help you, i can talk to other minister,” kata Rudiantara saat menceritakan pertemuannya dengan CEO Path.Next


(rou/ash)