Pilih BlackBerry, Ford Tinggalkan Microsoft

Jakarta - Mobil masa sekarang dibekali beragam kecanggihan, khususnya di sistem hiburan kendaraan. Termasuk Ford yang memperbaharui layanan infotainment kendaraannya dengan sistem operasi QNX milik BlackBerry.

Sistem infotainment terbaru Ford Sync 3 yang bisa dikendalikan melalui dashboard, bakal mirip pengalaman pemakaiannnya dengan smartphone atau tablet. Selama ini Ford memakai software Microsoft, tapi pada Sync 3 mereka pindah ke BlackBerry.


Ford Sync memungkinkan pengemudi melakukan navigasi, mendengar radio, musik dan panggilan telepon melalui layar sentuh atau perintah suara. Fitur baru di Sync 3 misalnya perpindahan layar dengan sistem swipe dan sistem perintah suara lebih canggih.


Salah satu pertimbangan meninggalkan Microsoft rupanya karena sync dengan produk Apple kadang terganggu. Dikutip detikINET dari Review Journal, Minggu (14/12/2014), Sync 3 terintegrasi dengan iPhone secara lebih baik, memungkinkan user mengakses Siri hands free.


Sync 3 akan tersedia dalam beberapa model mobil Ford tahun depan. Dan karena sistem Ford Sync 3 ini benar-benar baru, maka sayangnya pemakai Sync edisi sekarang tidak bisa upgrade ke Sync 3.


(fyk/fyk)