Selain 4G, Telkomsel Punya Kesibukan Lain di Akhir Tahun

Jakarta - Desember 2014 bisa dibilang jadi penghujung tahun yang sibuk bagi para operator. Telkomsel, misalnya, setelah meluncurkan 4G LTE, operator ini harus langsung bersiap diri untuk menyambut periode padat trafik jelang Natal dan Tahun Baru.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Alex Janangkih Sinaga, pada periode Natal dan Tahun Baru biasanya kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS ataupun data.


"Untuk itu di masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang kami berikan bagi para pelanggan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/12/2014).


Layanan data khususnya, diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, berhubung saat ini pelanggan sangat aktif dalam menggunakan ponselnya untuk berbagi momen-momen keseruan lewat berbagai aplikasi social media dan chatting.


Selama periode ini, Telkomsel memperkirakan kenaikan terbesar terjadi pada layanan data seperti halnya saat Lebaran tahun ini yang kenaikannya diprediksi mencapai 1.100 terabyte atau naik 25,99% dibandingkan hari normal.


Sementara layanan suara, diperkirakan menjadi 1,50 miliar menit atau naik 9,61%. Sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,105 miliar SMS atau naik 14,14% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa yang mencapai 968 juta SMS.


Sebagai antisipasi dari hal tersebut, dari sisi jaringan Telkomsel pun melakukan sejumlah aktivitas, seperti dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) yang ditingkatkan sebesar 214 juta pelanggan, atau naik 1,2% dari tahun 2013.Next


(rou/ash)