Apple Bikin Dr. Dre Jadi Musisi Paling Tajir

http://us.images.detik.com/content/2014/12/15/455/drdre.jpgDr. Dre dan Jimmy Iovine (gettyimages)


Jakarta - Baru-baru ini Dr. Dre dinobatkan sebagai musisi dengan penghasilan terbesar pada tahun 2014 oleh Forbes. Jumlah penghasilannya sebelum kena pajak tahun ini tercatat lebih dari USD 620 juta.

Penghasilannya itu lebih tinggi setengah miliar dollar dibanding Beyonce, yang berada di peringkat kedua dengan penghasilan USD 115 juta.


Tentu saja uang sebanyak itu tak cuma dihasilkan Dr. Dre dari hasil rekaman musiknya. Pekerjaan sampingannya yang justru dianggap bisa menghasilkan lebih banyak uang, yaitu Beats -- perusahaan pembuat headphone yang ia dirikan bersama Jimmy Iovine.


Tahun 2014 ini, Apple memang membeli Beats seharga USD 3 miliar dari Dr. Dre. Meski tak jelas berapa banyak kontribusi penjualan tersebut terhadap total penghasilan Dr. Dre, namun yang jelas angka itu cukup membuatnya menjadi musisi paling tajir saat ini.


Seperti dilansir detikINET dari Apple Insider, Senin (15/12/2014), sejumlah pihak percaya bahwa sosok Dr. Dre dan Jimmy Iovine adalah alasan di balik akuisisi tersebut.


Selain nama besar Dr. Dre, Iovine juga adalah orang yang sangat berpengalaman di bisnis musik. Kedua sosok tersebut diharapkan bisa 'menyegarkan' iTunes yang kini mulai tergeser namanya oleh sejumlah layanan streaming musik yang mulai menjamur di dunia maya seperti Pandora dan Spotify.


(asj/ash)