Lulus ULO, XL Geber 4G LTE dalam Hitungan Jam

Jakarta - XL Axiata memastikan diri akan jadi‎ operator seluler berikutnya setelah Telkomsel yang ikut mengkomersialisasikan layanan mobile 4G LTE di 900 MHz setelah dinyatakan lulus uji laik operasi (ULO) oleh Kementerian Kominfo.

"Kami sudah lulus ULO dan tinggal menunggu izin operasional dari Kominfo. Tunggu saja waktu peluncurannya, bisa dalam hitungan jam atau hari," kata Head of Network Planning XL Rahmadi Mulyohartono di Grha XL, Jakarta, Senin (15/12/2014).


Rahmadi masih belum mau membocorkan rencana komersialisasi 4G LTE XL yang tak lama lagi. Namun dari obrolan, sempat dikatakan bahwa proses ULO dilakukan di Bogor. Tapi, pernyataan itu buru-buru direvisi. "Tunggu saja kejutannya di kota mana," kata dia.


Begitu 4G LTE resmi dikomersialkan, pelanggan lama XL baru bisa menikmati layanan ‎ini setelah menukarkan kartu SIM lamanya terlebih dulu dengan kartu baru uSIM. Penukaran bisa dilakukan di XL Center terdekat. Nomor pun tidak berubah.


Sebelumnya, pada akhir Oktober 2014, XL telah menggelar uji coba 4G LTE di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Mall Kota Casablanca, Mall Central Park, dan Mall Senayan City. Bekerjasama dengan penyedia perangkat jaringan Huawei dan Ericsson, XL Axiata menjanjikan kecepatan transfer data 4G LTE hingga 36 Mbps.


Bersama dengan Indosat dan Telkomsel, XL Axiata adalah salah satu operator seluler yang memiliki alokasi frekuensi 4G LTE di frekuensi 900 MHz sebesar 7,5 MHz. Selain di frekuensi itu, XL Axiata juga berencana menggelar layanan 4G di frekuensi 1.800 MHz untuk digunakan secara agregasi dengan frekuensi 900 MHz.


(rou/ash)